Selasa, 21 Februari 2012

PURA PEDHARMAN KAWITAN ARYA KEPAKISAN (ARYA NYUH AYA)

Pada jaman pemerintahan Dalem Ketut Ngulesir (Dalem Sri Semara Kepakisan) yang berstana di Gelgel, Arya Kepakisan (Arya Nyuh Aya) pindah ke lingkungan kerajaan Gelgel. Pada waktu pindahnya  Arya Kepakisan (Arya Nyuh Aya) ke Gelgel pada Isaka 1302 (1380 M) hanya diikuti oleh Arya Petandakan (putra Pengeran Nyuh Aya). Keturunan beliau lainnya masih tinggal di Desa Nyuh Aya.
Ketika Arya Petandakan (Putra Pengeran Nyuh Aya) menjadi pejabat kerajaan dengan jabatan Maha Patih Agung itu berlangsung pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong, beliau mulai membangun Parahyangan yaitu Pura Dalem Nyuhaya yang letaknya dipinggir Tukad Unda antara Desa Jumpai dan Desa Tangkas (daerah itu belum menjadi Banjar Dukuh sekarang). Akibat bencana alam Gunung Agung yang meletus tahun 1963, pura tersebut mengalami kerusakan. Pura Dalem Nyuhaya akhirnya di pindahkan ke tempat sekarang.  Sedangkan setranya terletak di depan Pura Dalem Nyuhaya. Pura tersebut masih disungsung warga keturunan Nyuh Aya yang ada di Br Dukuh hingga sekarang.
Setelah kerajaan Gelgel pindah ke Semarapura (Klungkung sekarang) yang menjabat sebagai Manca di Gelgel adalah A.A. Ktut Agung. Beliau membuat parahyangan di Pura Dalem Nyuhaya, dan didalam pura tersebut pelinggihnya ditambah yaitu  satu Gedong Dalem dan satu Sanggaran Agung yang terletak di “teben” pelinggih yang sudah ada. Itu menandakan ada ikatan antara keturunan Sri Dalem Ketut Kresna Kepakisan dan Arya Kepakisan (Arya Nyuh Aya).  Adanya Setra di sebelah barat Pura Dalem Nyuhaya itu menandakan pura tersebut bukanlah Pura Kawitan.  Pura Dalem Nyuhaya akhirnya direnovasi (dibangun kembali) tahun 1970an.
Begitu juga dengan pembangunan Pedharman yang merupakan gagasan Raja  Klungkung Ida I Dewa Agung Bale Mas (1842 M), yang bertujuan menyatukan kembali raja-raja di Bali. Pada saat itu yang hadir hanya raja Mengwi, sehingga hanya Pedharman Dalem Sri Kresna Kepaksisan dan Pedharman Raja Mengwi saja yang dibangun.
Merasa adanya ikatan seperti tersebut diatas, ketika semua keturunan para arya dan raja-raja di Bali membangun Pedharman, maka Prati Sentana Arya Kepakisan (Arya Nyuh Aya) tidak perlu lagi membangun Pedharman tersendiri. Untuk menghormatinya, maka Pedharman Arya Nyuh Aya diperbolehkan “Ngiring” pada Pedharman Ida Dalem Sri Kresna Kepakisan yang berada dilingkungan Pura Besakih, sesuai petunjuk Ida Dalem Pemayun dari Puri Klungkung kepada “para tetua” yang ada di Sidayu Nyuhaya.  Ini menunjukkan suatu kehormatan tersendiri,  bahwa Arya Kepakisan (Arya Nyuh Aya)  merupakan Mahapatih Agung yang sangat diandalkan “Andel” dalam menjalankan pemerintahan mendampingi Dalem Sri Kresna Kepakisan, begitu juga dengan keturunan beliau seterusnya, agar saling menghormati sesuai dengan konsep Bhakti lan Asih.

26 komentar:

  1. terus kalau kita nangkil ke besakih pedharman mana harus kita maturan, di pedharman dalem kepakisan atau pedharman raja mengwi?

    BalasHapus
  2. Sesuai bhisama yang diterima Prati Sentana Arya kepakisan, bila maturan ke Besakih, untuk di Pedharman, maturan ke Pedharman Dalem Sri Kresna Kepakisan..
    Bhisama yang diterima menyatakan, dimana ada Dalem (Dalem Sri Kresna Kepakisan) disana ada Nyuh Aya (Arya Kepakisan), ini dibuktikan bahwa Dalem Nyuh Aya yang disungsung oleh Prati Sentana Arya Kepakisan di Gelgel pada jaman AA Agung Ketut Agung menjadi Manca di Gelgel, membangun satu buah Gedong Dalem di sebelah Gedong yang ada (Gedong Nyuh Aya), namun setelah direnovasi tahun 1970 Gedong tsb. dijadikan satu... membuktikan ada ikatan yang sangat erat antara Arya Kepakisan sbg Patih Agung dengan Dalem Sri Kresna Kepakisan sbg Raja ... ini telah diterima secara turun temurun...
    ...Pembangunan Pedharman di lingkungan Pura Besakih, di prkarsai oleh I Dewa Agung Balemas, pada tahun 1842. Beliau mengadakan doa politik melalui Ngaturang Karya Panca Bali Krama yang dipercepat di Pura Besakih, dengan mengundang Raja-Raja se Bali untuk hadir sekaligus menyarankan raja-raja membuat Pedharman sebagai simbol Ikrar dan menyatukan tekad dan kekuatan untuk mengusir belanda dari bumi Bali. Sayang sekali upaya Beliau kurang mendapat respon, sekalipun yang hadir tidak menyokong Pendirian Pedharman. Buktinya Raja Buleleng dan Karangasem (masih keturunan Arya Kepakisan) menolak, begitu juga Raja Bangli. Hanya Raja Mengwi (masih keturunan Arya Kepakisan) yang memenuhi permintaan Beliau. Jadi ketika itu hanya dua Pedharman yang dibangun yaitu Dalem Kresna Kepakisan dan Raja Mengwi. Walau demikian beliau tetap bertekad mewujudkan konsep ingin menyatukan raja-raja se Bali dengan membangun Pedharman. Pelan tapi pasti meski dalam kurun waktu yang panjang pembangunan Pedharman oleh keluarga raja-raja se Bali akhirnya terwejud. Sesunggunya sekali lagi Pembangunan Pedharman tersebut hanya besifat Politis. (dikutip dari Proses Berdirinya Kerajaan Klungkung oleh I Gusti Made Warsika, SH)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nangkil ke Pura Pedharman tujuannya adalah memuja Bhatara Kawitan. Apa maksudnya ngiring dalam memuja Bhatara Kawitan Arya Kepakisan di Pedharman Dalem Kresna Kepakisan? Sedangkan keduanya berbeda garis keturunan walau jaman dulu ada ikatan antara raja dan patih. Bukankah pada jaman kerajaan yanglain juga menjadi ikatan dalam kerajaan pada saat itu. Mohon penjelasan.

      Hapus
    2. Dalam kutipan diatas jelas tersurat bahwa :Hanya Raja Mengwi (masih keturunan Arya Kepakisan) yang memenuhi permintaan Beliau. Jadi ketika itu hanya dua Pedharman yang dibangun yaitu Dalem Kresna Kepakisan dari trah dalem dan Pedarman Mengwi dari trah arya kepakisan jadi pada jaman itu keturunan Arya kepakisan bukan lagi sebagai patih tapi raja Menguwi. Sehingga berdiri pedarman Dalem Menguwi apa seperti itu maksudnya.
      Mohon pencerahannya ?, mengingat Menyembah kawitan adalah yang satu garis keturunan termasuk pedarmannya.
      Suksma. "Salam satu garis keturunan Arya Kepakisan"

      Hapus
    3. menurut tyang ya sebaiknya sembahyang di pedarman mengwi

      Hapus
    4. Saya sentana nyuh aye sembahyang di pedarman dalem mengwi

      Hapus
  3. Menurut babad bali pedarman yg ada di Besakih tercatat hanya ada
    1. Pedarman Blahbatuh
    2. Pedarman Ida Dalem Klungkung
    3. Pedarman Telabah Apit Yeh
    4. Pedarman Telabah
    5. Pedarman Bujangga Wisnawa
    6. Pedarman Badung
    7. Pedarman Sukahet
    8. Pedarman Sukawati
    9. Pedarman Kubontubuh
    10. Pedarman Pungakan Bangbang
    11. Pedarman I Gusti Ngurah Mengwi
    12. Pedarman Kaba-kaba
    13. Pedarman Pasek ,
    Dan pedarman Dalem Shri Aji Kresna Kepakisan belum ada,
    pertanyaan:
    1. Kapan pedarman itu didirikan
    2. Apakah bisama yg tercatat diatas hanya berlaku untuk masyarakat Sidayu melihat bahwa I Gusti Ngurah Menguwi yang dari Kerjaan Menguwi juga dari garis keturunan langsung Arya Kepakisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pedarman dalem sri aji kresna kepakisan namanya sekarang
      di jaman dulu pedarman ida dalem klungkung

      Hapus
  4. Om Swastyastu,

    Ampure nggih, yening tityang tangkil ring Pura Besakih, tityang selalu melakukan persembahyangan ring Pedharman Mengwi.

    Suksma, Salam AKEPAKAN

    BalasHapus
  5. INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_ 4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 20 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT









    INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_ 4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 20 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

    BalasHapus
  6. Admin yg terhormat, apakah semeton admin selalu berada di sidayu? Kapan kapan bolehkah saya mampir untuk diskusi?...
    Ketut Banyuning....

    BalasHapus
  7. Petaken titiang arya anggan napi pateh sareng arya menguwi. Trus termasuk arya kepakisan yg dimana purabkawitannya yg dinyuh aya /yg diby pas ib mantra dkt pantai klotok. Mohon penjelasnya krena tyg nikah dengan arya anggan tp tdk pernh tangkil kemrajan kawitanbyg diklungkung cm dri prasasti atau penyawangan. Saya ingin nangkilan pianak tyg kesana.

    BalasHapus
  8. Perlu adanya komunikasi intens antara pengelingsir pura dalem dukuh dan pura dalem nyuh aye untuk menyatukan keturunan ide betara leluhur yang sekarang ini masih terpecah. Suksma

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Mana yg lebih tepat sbg Pura Kawitan...apa yg di Bjr Dukuh atau di Sidayu???

      Hapus
    2. Yening sekadi tyng.ring sedayu genahne karna wit saking arya kepakisan sedurung ke gelgel irika dumun ngarye genah.sampai skr masih terlihat peninggalan belio berupa pohon kayu rangsana.suksme

      Hapus
    3. Menurut tiang, tiang jg baru ketemu utk kawitan tiang dr arya anggan(gustia anggan)sebaiknya ke sedayu krn witnya fan prasastinya ada di sana, odalannya purnama kapat, prasastinya ketedunang rahina saraswati.. Suksema. Salam Gusti anggan arya kepakisan.

      Hapus
  10. Adakah hubungan antara pedarman mengwi dengan pura bingin nambe ring uma abian

    BalasHapus
  11. Tiang ingin bertanya dimanakah merajan agung /dadiya agung arya kresne kepakisan dalem menguwi krn tiang baru ketemu kawitan yg ktnya keturunan arya kresna kepakisan dlm menguwi.

    BalasHapus
  12. Tityang metaken pura penataran blahpane napi wenten hubungan sareng pure Sri Krishna kepakisan sane wenten ring desa dukuh utawi sareng pedarman ring besakih.???

    BalasHapus
  13. Ampure admin Niki tiang saking desa Kubutambahn besi mejajar uling dumun2 penglingsir tityang mangkuk k pure Penataran agung Bangli (desa guliang ) pure Nike di sungsung oleh banyak trah .terus tiang Niki trah Arya Kamasan nikaine tutur penglingsir tiang fasis tiang uning napi hubungane Sri narayya Krsna kepakisan sareng Arya kamasan?? Wenenten nggih babadne &ring dije tiang ngerereh?? Terus Yen mangkok k Besakih tiang k dalem Mengwi patut napi Ten ?? Semeton Dane uning icen tiang pencerahan .suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngih ampura salam kenal Kemanten semeton kubutambahan...tiang naler trah igusti wayahan Kamasan saking penarungan Mengwi..igusti Wayan Kamasan medue adik igusti Ketut Kamasan yang rarud ke buleleng penikan anak Lingsir...sementara igusti wayahan Kamasan setia sareng cekordo sakti Blambangan Puri Mengwi..Nike kidik2 tiang tahuπŸ™πŸ™

      Hapus
    2. I Gusti kamasan adalah treh Ida arya kepakisan ..(putra dari igusti ler pranawa)

      Hapus
  14. Om swastyastu, mau tanya saya kan kawitannya Arya Kepakisan, nah kalo ke besakih, pedarmannya dimana ya?

    BalasHapus
  15. Tiyang rasa spt ada keraguan dr Keturunan Arya Kepakisan unt Tangkil ke slh satu Pedarman yg di Besakih, jija ke Pedarman Mengwi sdh jls tdk terfokus dg Nama Keoakusan krn mungkin itu diperuntukan khusus bagi Keturunan Raja Mengwi, sedangkan jika ke Pedarman Sri Aji Kresna Kepakisan memang identik dg Nama Kepakisan tp perlu diketahui bahwa Sru Aji Kresna Kepakisan adalah seorang Raja dan Nararya Kresna Kepakisan adalah Maha Patihnya pd saat itu ! Akan berbeda jika Nama Pedarman Mengwi yg di Besakih itu diperjelas dg menambah Nama Kepakisan pd Papan Pedarmannya shg menjadi lbh jelas unt Pedarman Kresna Kepakisan, yg selama ini msh banyak pro kontra tentang Pedarman Sri Nararya Kresna Kepakisan seorang Maha Patih Agung Kerajaan Gelgel yg sesungguhnya πŸ™

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.